PLiST 2020: Adaptasi MPLS di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 memaksa keberlangsungan aktivitas warga negara dilakukan dari rumah. Mulai dari masa PSBB sampai Adaptasi Kebiasaan Baru menuntut dan menganjurkan berbagai macam aktivitas dilakukan secara daring jika tidak terlalu mendesak untuk diadakan pertemuan secara langsung. Hal ini berdampak pula pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang biasa kita kenal dengan MPLS atau dengan istilah lain seperti PLS, MOS, maupun ospek.

Berkenalan dengan identitas PLiST, PLiST merupakan singkatan dari Pengenalan Lingkungan Sekolah Tiga, merupakan rangkaian orientasi peserta didik baru untuk mengenal lingkungan sekolah SMA Negeri 3 Bandung.

Logo PLiST

Logo PLiST memiliki 4 unsur yaitu janin, angka 3, sayap, dan akar yang memiliki esensi masing-masing. 

Janin merepresentasikan peserta didik baru SMA Negeri 3 Bandung. Janin akan terus berkembang dalam logo kaderisasi peserta didik selanjutnya. Angka 3 mewakili SMA Negeri 3 Bandung. Sayap menggambarkan ilmu pengetahuan yang luas dan dapat mengangkat derajat orang-orang berilmu. Akar memiliki makna meskipun memiliki ilmu yang luas, tetaplah mengingat tempat di mana kita mengakar dan berkembang yakni SMA Negeri 3 Bandung serta memberikan timbal balik yang baik untuknya.

Dalam pelaksanaan PLiST kali ini, terdapat 2 pondasi yang sangat penting dalam keberlangsungan acara ini yakni materi/nilai dan metode. Materi yang kami sampaikan untuk mengenalkan lingkungan SMA Negeri 3 Bandung kamu klasifikasikan dalam 4 kelompok besar yaitu profil, lingkungan dan budaya, warga tiga, dan juga character building atau pengembangan karakter peserta didik baru.

Untuk metode, kami membagikannya ke dalam 2 kelompok besar. Yakni 'modul dan worksheet' serta 'media digital dan video conference'. Dan terdapat 4 platform atau media utama, yang pertama yaitu situs web yang bisa diakses di https://plist.osissman3bdg.org/ .

Tampilan awal situs web PLiST 2020

Situs web PLiST memuat informasi mengenai PLiST secara umum, timeline dan rundown pelaksanaan PLiST 2020, modul, serta pesan dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua OSIS, dan tak lupa ketua pelaksana PLiST 2020.

Tampilan menu untuk mengakses modul PLiST 2020

Platform kedua yang digunakan saat PLiST adalah Google Classroom. Google Classroom ini digunakan sebagai media penyampaian tugas (worksheet) yang harus dikerjakan saat ataupun setelah pertemuan PLiST setiap harinya. Kelas dibuat berdasarkan gugus (kelompok) dari peserta didik baru SMA Negeri 3 Bandung.

Tampilan Google Classroom

Seluruh worksheet yang telah dikerjakan oleh peserta PLiST 2020 akan dikompilasikan masing-masing peserta untuk dijadikan sebuah prototype buku angkatan.

Contoh cover prototype

Media ketiga yang digunakan tentunya aplikasi video conference sejuta umat yakni Zoom. Zoom digunakan sebagai media untuk berinteraksi secara tatap muka antara panitia khususnya pembawa acara, pembimbing gugus, dan tata tertib untuk melakukan interaksi baik satu maupun dua arah kepada peserta PLiST 2020.

Binggus Time PLiST 2020

Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan melalui Zoom dibagi menjadi dua, kegiatan terpusat serta binggus/tatib time. Untuk tetap menjaga keseriusan peserta dalam melaksanakan kegiatan ini, dibuat beberapa regulasi. Salah satunya yakni cek AFK yang dilakukan oleh tatib pada kolom private chat Zoom agar konsentrasi dan fokus peserta terjaga selama mengikuti seluruh rangkaian PLiST secara daring ini.

Media terakhir yang digunakan dalam PLiST kali ini adalah LINE. LINE digunakan sebagai media penyampaian informasi melalui grup angkatan, grup gugus, ataupun melalui jalur pribadi atau japri.

Tampilan di situs PLiST untuk masuk ke grup angkatan

Sebelum pelaksanaan PLiST 2020 diadakan first meet sekaligus technical meeting per gugus dipandu oleh pembina gugusnya masing-masing. Hari pertama dilaksanakan untuk membahas tentang profil, lingkungan, dan budaya yang ada di SMA Negeri 3 Bandung. Pembiasaan karakter baik pun mulai dilakukan semenjak hari pertama ini. Hari kedua disampaikan materi mengenai character building, Sekolah Ramah Anak, Keluarga Sadar Hukum, Bahaya Narkoba dengan sumber materi dari Satgas SRA, Kemenkumham, serta Badan Narkotika Nasional. Hari ketiga disampaikan mengenai sistem kurikulum di SMA Negeri 3 Bandung yang menggunakan SKS, protokol-protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan di sekolah pada saat Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), tata tertib berlalu lintas/tata tertib sekolah. Materi bersumber dari Dinas Kesehatan/Satgas Covid-19, Kasatlantas, serta wakasek bagian kurikulum. Hari keempat akan dijelaskan kembali mengenai rincian dari kurikulum agar siswa dapat menyesuaikan, pengenalan lingkungan sekolah secara detail oleh wakasek sarpras, Jabar Masagi, dan Pendidikan Antikorupsi. Dan rangkaian PLiST akan ditutup saat hari kelima yakni saat Demo Ekskul 2020: Peninsula dan akan terus dilanjut oleh rangkaian demo ekskul tersebut. Dapat dibaca di sini.

Dokumentasi PLiST 2020 dapat diakses melalui Kilas Balik.

Begitulah keseruan dari acara terpusat yang dilaksanakan secara daring selama masa pandemi ini. Semoga dari acara ini kita semua bisa semakin beradaptasi untuk tetap mengadakan acara yang sarat akan esensi walaupun tidak bertemu tatap muka secara luring.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih kepada Tuhan YME yang telah mengizinkan berjalannya kegiatan PLiST 2020 dengan lancar serta tak lupa untuk guru, caraka, TU, akang/teteh alumni, rekan, serta adik-adik semuanya yang telah mendukung dan turut mengembangkan keberlangsungan dari PLiST 2020 ini.

0 Komentar