Doa Bersama 2020: Dengan Doa Maka Usaha Tidak Akan Sia-Sia

Menjelang ujian, OSIS SMA Negeri 3 Bandung mengadakan “Doa Bersama”. Doa Bersama merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan memfasilitasi siswa-siwi kelas 12 SMAN 3 Bandung untuk bermunajat bersama kepada Tuhan.  Selain itu, Doa Bersama juga bertujuan untuk meningkatkan rasa toleransi antar sesama. Program kerja ini adalah program kerja dari seksi 1 OSIS LXVII.

Suasana di aula lama saat upacara berlangsung.

Ketika mendekati masa-masa ujian seperti USBN  dan UN, biasanya belajar menjadi prioritas dan fokus utama. Porsi main dikurangi lalu tidak jarang ada yang rela begadang untuk belajar demi mendapatkan hasil yang terbaik. Sayangnya, masih banyak yang lupa akan satu hal. Satu hal tersebut penting namun sering dilupakan, yaitu berdoa. Padahal, usaha tanpa doa sia-sia dan doa tanpa usaha adalah tidak ada gunanya. Keduanya harus saling beriringan. Tidak hanya usaha, tapi juga harus diikuti dengan doa. Program kerja “Doa Bersama” memang sengaja diadakan untuk menambah spiritual siswa-siswi kelas 12 SMA Negeri 3 Bandung.

Tahun ini, Doa Bersama diadakan di Aula Lama SMA Negeri 3 Bandung pada hari Jumat, 6 Maret 2020. Sebelum melaksanakan rangkaian ujian seperti USBN, UN, dan UTBK di kemudian hari, siswa-siswi kelas 12 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2020 dikumpulkan untuk berdoa bersama-sama. Sebelum sesi berdoa, terdapat sharing alumni terlebih dahulu. Sharing alumni merupakan salah satu mata acara yang dapat membangkitkan kembali motivasi. Alumni yang menjadi narasumber pun sangat menginspirasi dengan cerita perjuangannya masing-masing, di antaranya yaitu Kang Yogie, Kang Baskara, Kang Kenny G, Kang G. Ariyo, dan Kang Timotius.

Sharing alumni yang memotivasi

Selain sharing alumni, terdapat juga penayangan video dan pemberian materi mengenai toleransi. Hal ini dilakukan guna meningkatkan rasa toleransi antar sesama. Kemudian acara ditutup dengan sesi doa bersama. Sesi doa bersama berlangsung secara khidmat sesuai agama masing-masing. Doa bersama agama Islam berlangsung di Aula Lama dipimpin oleh Ustaz Muhamman Elvandi, Hindu di XII MIPA 1 oleh Pak Nyoman, Katolik di XII MIPA 2 oleh Suster Morta, dan Protestan di XII MIPA 3 oleh Pak John.

Ceramah dan doa bersama oleh Ustaz Muhammad Elvandi

Doa bersama dipimpin oleh Pak John

Acara “Doa Bersama” ditutup dengan kepulangan siswa-siswi kelas 12 yang disambut oleh barikade dari kelas 10 dan 11 yang sudah menyiapkan bunga, makanan, serta ucapan semangat.

0 Komentar