Serah Terima Jabatan OSIS 2020: Terima Kasih 67, Mari Menempuh Perjalanan yang Baru

Bertaut kepada motto “Knowledge is Power but Character is More”, SMA Negeri 3 Bandung memiliki komponen sekolah yang dapat mewujudkan pengembangan karakter serta pengimbangan kegiatan akademik, seperti organisasi dan ekstrakurikuler. Salah satu organisasi yang digaris bawahi sebagai elemen penting bagi bergeraknya aktivitas sekolah melalui program kerja adalah OSIS.

OSIS SMA Negeri 3 Bandung merupakan organisasi yang menjadi perangkat untuk mewujudkan aspirasi siswa-siswi SMA Negeri 3 Bandung. Program kerja OSIS menangani kebutuhan yang sekiranya tidak terbendung untuk direalisasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Bukan hanya karena tidak dapat terwujud dalam bentuk kegiatan akademik, namun kerap kebutuhan warga tiga bukan perihal intelektual saja. Sejumlah harapan dan keinginan dari seluruh komponen sekolah ini diharapkan dapat terpenuhi dengan terwujudnya program-program kerja OSIS.

Pada tanggal 19 November 2020 lalu, masa jabatan OSIS LXVII telah berakhir. Satu periode jabatan OSIS telah diemban selama satu tahun lamanya. Pengabdian kepada sekolah dan warga tiga dengan waktu yang terlampau lama pun sudah selesai. Tanggung jawab pengurus OSIS LXVII yang kini menduduki bangku kelas XII sudah beralih fokus kembali sebagai siswa-siswi SMA Negeri 3 Bandung yang mengejar target terdekatnya untuk diterima di perguruan tinggi yang diiginkan dan kelak menjadi penerus bangsa yang membanggakan dan membawa manfaat. Dengan demikian, tugas OSIS kini harus diturunkan sebagai tanggungan bagi OSIS LXVIII untuk menjalankan kewajibannya yang mana adalah mengabdi kepada sekolah dan warga tiga sebagaimana apa yang telah dilakukan oleh OSIS LXVII, atau bahkan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Pembekalan kepada calon pengurus OSIS pun tidak dilakukan secara cuma-cuma pada tradisi kaderisasi OSIS SMA Negeri 3 Bandung. Rangkaian penurunan materi dan nilai-nilai keorganisasian yang berlangsung selama kurang lebih satu tahun melalui sejumlah acara yang menguras waktu, tenaga, dan pikiran, dilakukan demi melahirkan penerus OSIS yang senantiasa melanjutkan kewajiban dan tugas, serta yang terpenting ialah menekankan bahwa apa yang dilakukan oleh pengurus OSIS, semata-mata didedikasikan hanya untuk warga tiga.

Sangat disesali dengan adanya pandemi COVID-19, prosesi serah terima jabatan dari OSIS LXVII kepada OSIS LXVIII tahun ini harus berlangsung dengan modifikasi yang disesuaikan dengan kondisi. Kegiatan serah terima jabatan lazimnya dilaksanakan di lapangan upacara, serempak dengan upacara hari Senin yang dihadiri oleh kelas X, XI, dan XII. Seluruh pengurus OSIS pun, baik pengurus lama dan pengurus baru, mengikuti kegiatan serah terima jabatan ini.

Berbeda dengan apa yang dilakukan pada serah terima jabatan yang dilaksanakan pada tanggal 19 November 2020 kemarin, terdapat banyak penyesuaian dengan protokol kesehatan COVID-19. Prosesi serah terima jabatan dilaksanakan di Aula Baru SMA Negeri 3 Bandung dengan konsep luar dan dalam jaringan. Pengurus OSIS LXVII dan OSIS LXVIII yang menghadiri serah terima jabatan hanya delapan belas orang sebagai perwakilan. Pengurus OSIS lainnya menghadiri rangkaian acara melalui media konferensi video Zoom disertai dengan penyiaran rekaman prosesi serah terima jabatan secara langsung. Tidak hanya melalui Zoom, siswa-siswi SMA Negeri 3 Bandung yang lain pun dapat menyaksikan prosesi serah terima jabatan ini melalui YouTube Premiere.

Kegiatan serah terima jabatan yang dilaksanakan di sekolah juga tetap acuh terhadap penerapan protokol kesehatan COVID-19 dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker selama acara berlangsung. Suasana upacara serah terima jabatan yang lumrahnya dilakukan di luar ruangan, disaksikan banyak orang, dan penuh kemeriahan tentu tidak dapat terasa secara nyata dalam upacara kemarin. Namun, esensi dalam menjalankan serah terima jabatan tetap diperoleh oleh kedua belah pihak, baik dari OSIS LXVII yang menyerahkan jabatannya kepada OSIS LXVIII yang menerima jabatan tersebut secara resmi dalam upacara ini.

Orasi Mitratama OSIS LXVII

Selayaknya upacara yang menghadiri kesan pilu perpisahan, Mitratama OSIS LXVII, Farell Faiz Firmansyah pun memberikan pesan terakhir kepada adik-adik OSIS LXVIII yang telah ia dan seluruh keluarga OSIS LXVII bimbing untuk menjadi seperti sekarang ini, yaitu:

"Jangan hanya menjadikan OSIS hanya sebagai tujuan, melainkan sebagai batu loncatan agar kita akan tetap terus berkarya dan mengabdi kepada sekolah ini."

Orasi Mitratama OSIS LXVIII

Menjabatnya OSIS LXVIII diharapkan dapat membawa perubahan dan merealisasikan visi dan misi dari OSIS itu sendiri, seperti apa yang telah diserukan oleh Mitratama OSIS LXVIII, Andhika Prasetya dalam orasinya:

"Semoga satu tahun masa jabatan ini nanti kami bisa benar merealisasikan visi dan misi. Visi hanyalah sekadar visi, jika tidak terealisasi. Mari kita bersama-sama wujudkan visi menjadi aksi."

Harapan serta asa yang dirakit pada awal masa jabatan ini tentu diinginkan untuk terwujud. Hendaknya, seluruh warga tiga berpartisipasi untuk membawa perubahan dan merealisasikan apa yang sekarang menjadi rencana, menjadi nyata pada masa yang akan datang.

0 Komentar