World Tournament 2020: Sacramentum

Dewasa ini, kita dituntut untuk mampu bersaing dengan bangsa lain. Namun, hal tersebut tidak akan berjalan baik apabila kita minim kemampuan berbahasa asing. Dari banyaknya bahasa yang ada, bahasa Inggris menjadi hal wajib dipelajari. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang. Mulai dari ekonomi, politik, bisnis, hingga teknologi. 

Inilah mengapa kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu syarat utama untuk bersaing di era Revolusi Industri 4.0. Bahasa tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi, tetapi juga dapat beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan. Oleh sebab itu, mempelajari bahasa Inggris merupakan suatu hal yang esensial.

Karena mempelajari bahasa Inggris merupakan suatu hal yang penting, OSIS SMA Negeri 3 Bandung mengadakan World Tournament. World Tournament merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan mengasah kemampuan berbahasa Inggris siswa siswi SMA Negeri 3 Bandung secara asik dan menyenangkan. 

Wordmark World Tournament 2020: Sacramentum
 
“Sacramentum: Lost & Found” merupakan nama dari World Tournament tahun 2020. Sacramentum diambil dari bahasa Latin yang berarti misteri—sesuai dengan tema World Tournament tahun ini, detektif dan misteri.

Kegiatan bertema detektif ini terbagi menjadi dua rangkaian, praacara yang diselenggarakan pada 3-14 Agustus 2020 dan acara utama yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020. Karena diadakan pada masa pandemi, rangkaian acara World Tournament 2020 berlangsung secara daring.

Praacara World Tournament 2020 berupa kegiatan membuat video mendongeng berkelompok menggunakan bahasa Inggris dengan tema yang sudah ditentukan panitia dengan peserta siswa siswi angkatan 2022 dan 2023 SMA Negeri 3 Bandung. Tema praacara World Tournament 2020 bervariasi, seperti Maze Runner, Murder on the Orient Express, Death Note, The Adventures of Tintin, Scooby-Doo, Searching, Knives Out, Sherlock Holmes, Detective Conan, dan Shutter Island. 
 
Video dapat ditonton di Instagram World Tournament 2020
 
Video dongeng tersebut nantinya dilombakan antarkelompok. Ada tiga kategori yang dilombakan, best of year 10, best of year 11, dan people’s choice—pemenang favorit yang ditentukan dari jumlah likes di Instagram.

Acara utama World Tournament 2020: Sacramentum diisi dengan permainan dan kegiatan yang menarik serta mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tentu saja, selama rangkaian acara, peserta bahkan panitia diwajibkan untuk berbicara dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. 
 
Sambutan dari ketua pelaksana World Tournament 2020

Acara utama dibuka oleh sambutan-sambutan oleh ketua pelaksana, Naila Hana Ariza, guru bahasa Inggris SMA Negeri 3 Bandung, Wiwin Herawati, M.Pd., Pembina OSIS SMA Negeri 3 Bandung, Dr. Hj. Diden Rosenda, M.Ag., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Sucipto, M.Pd, dan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Bandung, Drs. Iwan Setiawan. Sekaligus membuka acara, Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Bandung menjelaskan pentingnya bahasa Inggris pada era globalisasi kepada siswa siswi kelas 10 tahun ajaran 2020/2021 SMA Negeri 3 Bandung yang merupakan peserta dari acara utama. 
 
Sneak peek video misteri

Setelah acara utama dibuka, peserta diajak untuk menonton sebuah video misteri yang harus dipecahkan untuk lanjut ke kegiatan selanjutnya. Video tersebut juga merupakan pentunjuk untuk memecahkan misteri puncak di penghujung acara. Dalam video tersebut, diceritakan konflik Mr. Liko, seorang jutawan, yang diculik oleh seseorang tidak dikenal. Peserta diajak untuk mengikuti rangkaian kegiatan dan mencari petunjuk yang dapat digunakan untuk membebaskan Mr. Liko.

Kegiatan selanjutnya adalah permainan-permainan. Permainan yang dimainkan oleh peserta tidak hanya untuk bersenang-senang, namun juga mengasah kemampuan peserta untuk berbicara bahasa Inggris. 
 
First checkpoint: 24 Hours in Atlantis

Permainan yang pertama adalah 24 Hours in Atlantis. Pada permainan ini peserta diminta untuk mengikuti tantangan-tantangan yang diberikan untuk menemukan harta karun Atlantis. Untuk memecahkan tantangan-tantangannya, peserta diajak berdiskusi bersama rekan-rekannya menggunakan bahasa Inggris. 
 
Second Checkpoint: Werewolf

Permainan kedua adalah Werewolf. Permainan ini memodelkan konflik antara dua kelompok: warga yang mencari siapa werewolf, pemangsa warga, dan werewolf yang bertujuan untuk membunuh warga. Sesuai dengan tema, permainan ini meminta peserta untuk mencari siapa penjahatnya layaknya seorang detektif. Sama seperti kegiatan sebelumnya, permainan ini mendorong peserta untuk mengasah bakat speaking-nya dengan berdiskusi menggunakan bahasa Inggris.

Di penghujung acara, peserta diminta untuk memecahkan teka-teki dengan pentunjuk yang sudah diberikan selama rangkaian acara. Sebelum penutupan, ditayangkan video pembebasan Mr. Liko yang diculik pada video sebelumnya.

Bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang penting dipelajari. Dengan World Tournament 2020, kita menjadi tau bahwa mempelajari dan mengembangkan skill berbahasa Inggris dapat dilakukan dengan permainan yang seru dan asik.

After Movie World Tournament 2020

0 Komentar