SEDJAK 45 2020: Semangat Daring Juang Kemerdekaan 45

Salah satu peristiwa penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia adalah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Proklamasi adalah salah satu bukti bahwa Indonesia telah merdeka. Peristiwa kemerdekaan bangsa Indonesia ini diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Hari kemerdekaan adalah tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus kita pertahankan. Oleh karena itu, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, kita memiliki kewajiban untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Namun, pada tahun 2020 ini, kegiatan peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini menjadi terhambat. Bukan hanya terbatas dalam hal interaksi sosial, Indonesia juga kurang dapat menikmati dan menebar kemeriahan dalam rangka hari kemerdekaan ini. Meskipun demikian, SMA Negeri 3 Bandung tetap menyelenggarakan kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia yang bertajuk “SEDJAK 45”. 

SEDJAK 45 merupakan singkatan dari Semangat Daring Juang Kemerdekaan 45. Meninjau keadaan pandemi yang membuat siswa dan siswi SMA Negeri 3 Bandung tidak dapat bertemu secara tatap muka, kami merasa suatu kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia, terutama yang biasanya diisi oleh lomba-lomba akan terdengar mustahil. Bagaimana suatu kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia pada jenjang SMA akan menjadi suatu acara yang menarik perhatian namun dilakukan pada saat pandemi?

Acara yang umumnya ditunggu-tunggu oleh peserta kegiatan peringatan hari kemerdekaan Indonesia adalah perlombaannya. Beberapa perlombaan yang biasanya dinanti oleh peserta diantaranya ialah: tarik tambang, lomba makan kerupuk, balap karung, dan lainnya. Lomba-lomba tersebut sudah pasti tidak akan bisa dilakukan pada acara yang dilakukan saat pandemi. Lantas, kami mengaitkan fenomena yang terjadi saat ini dengan kelebihan generasi kami, yaitu pemanfaatan teknologi. Sehingga, kami menyelenggarakn suatu program kerja dengan menggunakan teknologi secara maksimal guna menciptakan acara yang dapat berjalan di kala pandemi tetapi tidak menghilangkan esensi dan manfaat yang diperoleh untuk peserta yang mengikutinya.

SEDJAK 45 diselenggarakan pada waktu yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tanggal 17 Agustus 2020. Acara ini memiliki tema “Semangat Kemerdekaan pada Era Pandemi”. Adapun kegiatan pada acara SEDJAK 45 adalah games-games, yaitu:

Bakar Semangat: Tebak Gambar Semangat

Pelaksanaan game Bakar Semangat

Kegiatan ini merupakan permainan menggunakan media Zoom yang mengharuskan peserta menebak suatu gambar yang digambarkan secara live oleh pemandu acara dari pihak panitia. Gambar yang ditampilkan merupakan gambar-gambar yang memiliki keterkaitan dengan pengetahuan kemerdekaan Indonesia. Jadi, selain peserta bisa mengenang kembali peristiwa atau kejadian yang diungkapan melalui gambar, peserta juga diajak untuk memperdalam pengetahuan dan mengujinya dengan peserta lain. Panitia menilai kecepatan dan ketepatan jawaban dari peserta.

Suara Kebangsaan

Pelaksanaan game Suara Kebangsaan

Suara Kebangsaan adalah permainan yang dilakukan melalui live LINE di grup angkatan 3’2023, kemudian pemandu acara akan membacakan lirik lagu nasional tanpa nada dan peserta harus menebak judul lagu serta penciptanya.

Teka-Deka
Pada kegiatan Teka-Deka, peserta harus memperhatikan Instagram story yang diunggah oleh panitia di akun Instagram OSIS SMA Negeri 3 Bandung. Panitia mengunggah sebuah teka-teki mengenai peristiwa yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia, kemudian peserta harus menjawab teka-teki tersebut melalui Question Box yang tersedia menggunakan akun Instagram kelas masing-masing. 

Permainan Berdasarkan Pos
  • Pos 1: Nanas (Nada Nasional)
Pada Pos 1 ini, peserta mendapatkan nilai yang merata apabila telah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh panitia. Tugas yang diberikan oleh panitia ialah menunjuk seorang perwakilan yang berkenan untuk bernyanyi dihadapan teman-teman kelasnya melalui live LINE kelas masing-masing. Panitia menyediakan pilihan-pilihan lagu yang dapat dibawakan oleh peserta dan perwakilan kelas dapat memilih lagu mana yang akan ia nyanyikan.
  • Pos 2: Camera (Catur Kemerdekaan)
Camera atau Catur Kemerdekaan merupakan permainan berbasis pengetahuan umum seputar sejarah kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan konsep permainan catur. Permainan ini memiliki peraturan yang mirip dengan permainan catur dengan modifikasi yang menyesuaikan tema kemerdekaan Indonesia.
  • Pos 3: LOST (Lihat Objek Sekitar Tersembunyi)
Selanjutnya, terdapat permainan LOST. Pada permainan ini, peserta akan diberikan sebuah gambar dari peristiwa yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia, namun pada gambar-gambar tersebut terdapat objek tersembunyi yang telah disisipi oleh panitia dan peserta harus menemukan objek-objek tersembunyi tersebut.
  • Pos 4: Kodomor (Kode Morse)
Pos terakhir pada sesi ini termasuk permainan dengan tugas yang cukup mudah dan praktis. Kuncinya hanya perlu memecahkan kode morse ke bahasa latin. Menariknya, kata-kata bahasa latin tersebut berhubungan dengan password yang harus digunakan untuk memasuki sesi puncak acara SEDJAK 45 ini. Maka dari itu, peserta diharuskan untuk menyelesaikan dan memecahkan kode morse yang telah diberikan.
 
Pada sesi puncak, peserta memasuki room Zoom dan panitia menanyangkan yel-yel kelas serta video cosplay pahlawan melalui TikTok yang telah ditugaskan sebelum hari pelaksanaan. Kemudian, terdapat pengumuman pemenang yang dibacakan oleh Bu Diden selaku pembina OSIS LXVII & PK 66. Dengan demikian, acara SEDJAK 45 ditutup dan kegiatan telah berakhir.


Berjalannya acara SEDJAK 45 ini menunjukkan bahwa semangat kemerdekaan tidak dapat dihalangi oleh apapun. Segala hal baik yang besar maupun yang kecil jangan sampai melunturkan semangat kita untuk terus memperingati hari kemerdekaan Indonesia. 
 
Dirgahayu Indonesia ke-75. Merdeka!

0 Komentar