Demo Ekskul 2020: PENINSULA 'Find Your Passion'

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu upaya pembinaan yang diselenggarakan di lingkungan sekolah. Pada gilirannya keterampilan siswa akan ditingkatkan dengan bentuk-bentuk latihan khusus sesuai ekstrakurikuler yang diikuti dan diminati. Dengan ini, ekstrakurikuler sangat diperlukan sebagai wadah pengembangan potensi di luar jam sekolah.

SMA Negeri 3 Bandung sendiri mempunyai kurang lebih 25 ekstrakurikuler yang mencakup berbagai bidang seperti seni, olahraga, alam, bahasa, dan bidang-bidang lainnya. Sebagai upaya mengenalkan ekstrakurikuler dan organisasi yang ada di SMA Negeri 3 Bandung, diadakan kegiatan pengenalan ekstrakurikuler atau dikenal di SMA Negeri 3 Bandung sebagai “Demo Ekskul” yang dilaksanakan secara online.

Logo Demo Ekskul 2020
 

Tahun ini, Demo Ekskul mengambil nama “Peninsula” yang merupakan singkatan dari “Pengenalan Organisasi dan Ekstrakurikuler Tiga”. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai ekstrakurikuler dan organisasi yang ada di SMA Negeri 3 Bandung. Maka dari itu, kegiatan ini diisi dengan penyampaian informasi mengenai ekstrakurikuler dan organisasi di SMA Negeri 3 Bandung kepada siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2023 dengan cara penayangan short movie, dokumenter, games dan kegiatan interaktif lainnya.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat, 17 Juli 2020 yang dilaksanakan mulai pukul 7 pagi hingga pukul 12 siang secara daring. Kegiatan ini dibuka langsung dengan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Bandung Bidang Kesiswaan Bapak Sucipto M.Pd., Penanggung Jawab Ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Bandung Bapak Dhoni Taufik Romdhoni, S.Pd dan Ketua Pelaksana Dewita Indriani Azwan. Setelah sambutan, acara dilanjut oleh pembacaan doa dan perkenalan panitia Demo Ekskul 2020.

Pembukaan acara oleh MC
Sambutan dari penanggung jawab ekstrakurikuler


Kegiatan inti dari Demo Ekskul 2020 adalah penayangan short movie yang sudah disiapkan oleh panitia. Short movie ini menceritakan seorang siswa SMA Negeri 3 Bandung yang berniat untuk fokus belajar dan tidak mengikuti ekstrakurikuler, tetapi seiring jalan cerita dia mulai mempertanyakan pilihannya dan mencoba menemukan passionnya. Pada short movie ini disisipkan pesan, yaitu untuk ikut serta dalam ekstrakurikuler karena dengan mengikuti ekstrakurikuler kita dapat mendapatkan banyak teman, pengalaman dan tentunya ilmu yang tidak bisa kita dapatkan di sekolah. Setelah penayangan short movie, ada rangkaian acara pemberian profil ekstrakurikuler dan MC Time oleh pembawa acara.

Penayangan video pengenalan panitia dan short movie

Ditayangkan juga video dokumenter SMA Negeri 3 Bandung dan video open recruitment kepanitiaan Kurva 3 untuk siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2023. Acara pun dimeriahkan dengan games yang menguji ketelitian siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2023 selama rangkaian acara. Dari rangkaian acara ini, gugus 9 menjadi gugus terbaik dikarenakan ketelitian dan kesigapan menjawab pertanyaan.

Pemandu games saat membacakan teknis permainan
Suasana ketika rangkaian acara games

Selain games dan penayangan video, siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2023 juga berinteraksi dengan mentor gugus masing-masing sebagai upaya pendekatan antar panitia dan siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2023.

Acara ditutup dengan penayangan video persembahan dari panitia Demo Ekskul 2020 sebagai pesan terakhir kepada siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2023.


Penayangan video persembahan panitia Demo Ekskul 2020

Ekstrakurikuler sangatlah penting di masa SMA. Di ekstrakurikuler, kita dapat menyalurkan potensi dan bakat yang kelak berguna di masa depan. Dengan ini diharapkan, siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2023 dapat mengenal ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Bandung serta minat dan bakat yang dimilki agar dapat memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan potensi, minat dan bakat mereka di Open Recruitment Ekstrakurikuler.

 

Instagram Demo Ekskul 2020: Peninsula dapat di akses di https://instagram.com/demeks_2020

0 Komentar