The Next Leader 2020: Melahirkan Pemimpin yang Berkualitas

Secara garis besar, kepemimpinan adalah sebuah kemampuan yang terdapat dalam diri seseorang untuk bisa memengaruhi orang lain atau memandu pihak tertentu untuk mencapai tujuan. Menjadi seorang pemimpin tentu bukanlah hal yang mudah. Tidak semua orang dapat memimpin, namun semua orang bisa menjadi pemimpin.  Menyadari hal tersebut, OSIS SMA Negeri 3 Bandung mengadakan sebuah program kerja bertajuk “The Next Leader 2020” .

The Next Leader (TNL) 2020 merupakan kaderisasi yang merupakan program kerja dari seksi 5 OSIS LXVII. TNL menjadi salah satu program unggulan yang ada di SMA Negeri 3 Bandung.  Acara ini berlangsung selama beberapa hari dalam satu rangkaian, dimulai dari bulan Februari hingga bulan Maret. Karena kini dunia sedang dihadapkan dengan revolusi industri 4.0, maka tahun ini TNL memiliki jargon “Lead the Revolution” yang diharapkan pada kaderisasi ini akan tercetak pemimpin-pemimpin berkualitas di masa depan.

Peserta TNL 2020 adalah seluruh siswa kelas 10 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2022 yang mendaftar. Setiap ekstrakurikuler dan organisasi yang ada di SMA Negeri 3 Bandung wajib mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti TNL. Tidak hanya yang ikut ekstarkurikuler dan organisasi saja, peserta TNL 2020 juga ada yang tidak mengikuti apa-apa dan hanya ingin menambah wawasan saja. Adapun tujuan dari TNL 2020 yaitu mendidik peserta mengenai kepemimpinan untuk menjadi pengurus organisasi atau esktrakurikuler yang berkompeten.

Peserta TNL 2020

Ada enam nilai yang diturunkan pada TNL 2020, yaitu berpikir kritis, bertanggung jawab, kompak, jujur, percaya diri, dan kepemimpinan. Enam nilai tersebut merupakan elemen penting dan fundamental yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin. Penurunan nilai tersebut diturunkan secara ‘fun’ dan menarik seperti materi dari narasumber yang mumpuni di bidangnya, game-game menarik, hingga melakukan bakti masyarakat.

Games edukasi

Implementasi materi di Balai Kota

Materi public speaking

Implementasi materi di luar sekolah

Bakti masyarakat merupakan salah satu mata acara di TNL 2020, di mana setiap kelompok harus melakukan sebuah kegiatan yang mengedukasi dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Ini meruapkan sebuah wujud dari pengaplikasian materi-materi kepemimpinan yang sebelumnya sudah diberikan. Dengan melakukan bakti masyarakat, selain mengaplikasikan materi yang didapat juga menambah pengalaman membuat suatu acara dan bisa terjun langsung ke masyarakat. Tahun ini, bakti masyarakat yang dilakukan bertemakan HAM. Jadi, setiap kelompok mensosialiasikan Hak Asasi Manusia ke masyarakat. Lokasi dan pengemasan acaranya beragam sesuai kelompok peserta masing-masing. Ada yang melakukan sosialisasi ke panti asuhan hingga ke sekolah-sekolah yang ada di Bandung.

Puncak TNL 2020 jatuh pada hari Sabtu, 14 Maret 2020. Diharapkan dengan berakhirnya TNL 2020, muncul jiwa-jiwa pemimpin yang berkualitas dan pantas untuk menjadi seorang pemimpin. Dengan bekal yang didapat dari TNL 2020, para peserta bisa mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari seperti menjadi ketua ekstrakurikuler atau organisasi.

Menurut peserta, TNL 2020 isinya bermanfaat dan konsepnya berbeda dari kaderisasi yang lain. Adapun indeks kepuasan peserta terhadap acara dari skala 1-5 adalah 4,5 dengan predikat “sangat baik”.

0 Komentar