Edu Passion 'Daryaskara': Memperluas Wawasan tentang Perguruan Tinggi

Menentukan jurusan dan perguruan tinggi tentu bukanlah hal yang mudah. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh CEO Aku Pintar pada 2017 lalu, terdapat data bahwa 87 persen mahasiswa merasa salah jurusan di perguruan tinggi dan sebanyak 71,7 persen pekerja memilih profesi yang tidak linier dengan apa yang dipelajari sebelumnya. Salah satu faktor dari fenomena tersebut adalah perencanaan yang kurang matang dan minimnya pengetahuan. Padahal, salah jurusan sangatlah fatal karena hal tersebut tentu menentukan masa depan. Sayangnya, masih banyak yang belum sadar akan hal itu. Untuk meminimalisasi siswa-siswi SMA Negeri 3 Bandung merasa salah jurusan di kemudian hari, seksi 4 OSIS LXVII mengadakan program kerja “Edu Passion”.

Edu Passion atau yang secara singkat bisa dibilang sebagai ‘pameran pendidikan’ adalah sebuah kegiatan rutin dari SMAN 3 Bandung. Tujuannya untuk memfasilitasi siswa-siswi SMAN 3 Bandung dalam menentukan jurusan perguruan tinggi sesuai minat dan bakatnya. Acara ini sengaja dirancang agar bisa memberikan gambaran dan pilihan bagi siswa kelas 12 dalam hal melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi favorit baik negeri maupun swasta.

Judul besar yang diambil sebagai nama acara adalah Daryaskara dengan identitas gajah sebagai lambangnya. Alasannya adalah karena gajah merupakan hewan yang identik dengan kecerdasan. Sedangkan Daryaskara memiliki arti tumbuh menuju masa depan yang cerah, diambil dari bahasa Sansekerta “darya” dan “skara”. Edu Passion Daryaskara dihelat pada hari Kamis, 23 Januari 2020 di kampus SMA Negeri 3 Bandung. Ada sekitar 30 lebih perguruan tinggi yang ikut berpartisipasi, terdiri dari 17 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 18 perguruan tinggi swasta (PTS). Berbeda dengan tahun sebelumnya, Edu Passion kali ini juga diramaikan oleh beberapa perguruan tinggi dari luar negeri yang ikut serta dalam pameran.

Selain dihadiri oleh kelas 12, Edu Passion Daryaskara juga dibuka untuk umum. Tidak sedikit siswa dari sekolah lain turut datang untuk mendapatkan informasi seputar perguruan tinggi. Selain siswa, seluruh kepala sekolah SMA Negeri di Kota Bandung menjadi tamu undangan. Bahkan di acara ini, Bapak Uu Ruzhanul Ulum, wakil gubernur Jawa Barat, juga datang sebagai tamu undangan. Panggung utama digelar di lapangan SMA Negeri 3 dan 5 Bandung, Jalan Belitung no.8.

Kepala sekolah SMAN 3 Bandung, kepala dinas pendidikan, dan wakil gubernur Jawa Barat.


Kegiatan Edu Passion Daryaskara terdiri atas 4 komponen penting yaitu pameran pendidikan, materi atau workshop singkat, presentasi fakultas, dan bazar makanan. Pameran pendidikan merupakan wadah bagi para siswa untuk mengenali setiap perguruan tinggi dari stan-stan. Sebanyak 35 stan perguruan tinggi tersebar di area lapangan SMAN 3 dan 5 Bandung serta daerah koridor.

Stan-stan pendidikan

Setiap stan mengenalkan perguruan tinggi-nya melalui pameran dan berbagai media seperti brosur, tayangan presentasi di laptop atau layar monitor, hingga pembagian merchandise yang menarik. Penjaga stan melayani setiap orang yang dating untuk sekadar bertanya-tanya masalah perguruan tinggi dan jurusan. Siswa-siswi kelas 12 SMA Negeri 3 Bandung antusias mendatangi stan-stan yang berjejer rapi. Selain siswa-siswi kelas 12, kelas 10 dan 11 juga mengelilingi setiap stan untuk menggali informasi sebagai bekal untuk masuk ke perguruan tinggi di masa yang akan datang. Khusus untuk kelas 10 dan 11, diberikan tugas untuk mereview setiap stan yang telah dikunjungi. Tidak hanya siswa, orang tua siswa diundang untuk melihat pameran pendidikan. Hal ini dikarenakan orang tua juga butuh informasi dan wawasan yang cukup tentang perguruan tinggi. Animo tinggi juga terlihat dari siswa sekolah lain yang datang mengunjungi pameran pendidikan.

Antusiasme mengunjungi stan perguruan tinggi.

Panggung utama Edu Passion Daryaskara yang terdapat di Lapangan SMA Negeri 3 dan 5 Bandung diisi dengan berbagai materi oleh beberapa narasumber. Pemberian materi ini berguna untuk mempersiapkan siswa kelas 12 agar lebih matang untuk memilih perguruan tinggi. Materi yang disajikan sangat sesuai dengan kebutuhan kelas 12, antara lain tentang UTBK, SNMPTN,  hingga motivasi alumni-alumni SMA Negeri 3 Bandung yang sukses. Hal ini tentu dapat menyuntik semangat para kelas 12 yang hendak menghadapi serangkaian ujian. Ada pula talkshow dengan tema "Persaingan Internasional di Era Revolusi Industri 4.0".

Wawasan dan pengetahuan tentang perguruan tinggi yang bisa didapat dari Edu Passion : Daryaskara bukan cuma melalui pameran pendidikan dan materi di panggung. Terdapat presentasi dari beberapa fakultas yang digelar di kelas-kelas. Dalam kesempatan ini, setiap fakultas menjelaskan lebih lanjut tentang fakultas dan jurusannya masing-masing.

Presentasi fakultas di kelas-kelas.

Berbagai penampilan menarik seperti tari, angklung, dan vokal grup turut memeriahkan acara.




Terdapat bazaar makanan yang membuat acara semakin berwarna sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai makanan dan minuman yang tersedia.

Beragam makanan dan minuman yang dijual.

Edu Passion  Daryaskara menjadi salah satu program unggulan yang dimiliki SMA Negeri 3 Bandung. Ajang ini tidak lain untuk mendongkrak siswanya setelah lulus melanjutkan ke perguruan tinggi, sesuai potensi dan minatnya. Ibu Dr. Hj. Yeni Gantini menjelaskan, “Diharapkan dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi SMAN 3 Bandung semakin banyak yang diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta favorit, dibandingkan tahun sebelumnya.”

0 Komentar