Dewa Athena XII: Sportivitas Tanpa Batas

Menutup akhir tahun 2019 yang penuh dengan cerita, OSIS SMAN 3 Bandung mengadakan pekan olahraga bernama “Dewa Athena”. Dewa Athena merupakan salah satu program kerja insidental dari seksi 7 yang memiliki tagline Pembinaan Kualitas Jasmani, Kesehatan, Gizi, dan Olahraga. Hingga tahun ini, sudah terhitung 12 kali Dewa Athena sukses digelar.

Dewa Athena adalah pekan olahraga antar kelas yang memang secara rutin diadakan setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan solidaritas dan unjuk kebolehan dalam bidang olahraga. Ketika siswa-siswi SMAN 3 Bandung sudah bosan dengan belajar selama satu semester penuh, Dewa Athena menjadi wadah untuk menumpahruahkan segala keluh kesah. Melalui berbagai perlombaan, diharapkan Dewa Athena dapat menjadi ajang untuk refreshing dan bersenang-senang.

Suporter kelas sedang menyanyikan yel-yel.

Menurut legenda, Athena adalah dewa yang melambangkan kekuatan, kepandaian, dan kebijaksanaan. Tiga unsur itulah yang dibutuhkan dalam acara ini, di mana kekuatan, kepandaian, dan kebijaksanaan terintegrasi menjadi satu kesatuan yang utuh dalam melakukan berbagai perlombaan. Di tahun ini, cabang olahraga yang dilombakan adalah basket, futsal, badminton, dodgeball, sepak bola, dan kasti.

Dewa Athena XII diadakan di Lapang Bali pada bulan November hingga Desember dan berlangsung selama dua minggu. Minggu pertama adalah perlombaan untuk kelas sepuluh dan minggu kedua untuk kelas sebelas. Antusiasme yang tinggi terasa dari hari pertama. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut dengan sambutan. Pak Encep  selaku pembina OSIS memberi sambutan dan membuka acara secara resmi. Balon udara berwarna biru kemudian diterbangkan ke udara sebagai penanda bahwa Dewa Athena XII benar-benar dimulai. Gemuruh tepuk tangan dari siswa kelas sepuluh terdengar memenuhi Lapang Bali.

Bendera kelas sebagai atribut lengkap untuk suporter.

Kompetisi berlangsung dengan lancar. Pertandingan basket dan futsal diadakan di Lapang Basket, badminton dan dodgeball di bangsal, sementara sepak bola dan kasti di Lapangan Bola. Semangat berkompetisi sangat terasa dari masing-masing peserta. Tidak hanya itu, Dewa Athena XII juga dimeriahkan oleh para suporter dari masing-masing kelas yang sudah menyiapkan yel-yel dan jargon.

Dodgeball
Futsal

Kasti
Bulutangkis
Basket

Setelah melalui rangkaian panjang, akhirnya muncul para pemenang dari setiap cabang olahraga yang dilombakan. Doodgeball putra dimenangkan oleh XI MIPA 4 dan X MIPA 7, dodgeball putri X IPS 2, badminton XI MIPA 5 dan X IPS 1, sepak bola XI MIPA 5 dan X IPS , basket putra XI MIPA 5 dan X MIPA 1, basket putri X MIPA 8,  kasti X MIPA 3, futsal X MIPA 8, serta suporter terbaik jatuh kepada kelas X IPS 1 dan XI MIPA 1.

Pembagian piala bagi pemenang Dewa Athena saat upacara.

Di penghujung acara, Pak Sucipto selaku kesiswaan SMAN 3 Bandung menutup acara secara resmi tepat setelah penyerahan hadiah berlangsung. “Harapannya, dengan diadakan Dewa Athena XII ini dapat meningkatkan rasa solidaritas dan sportivitas siswa-siswi SMA 3 dalam berkompetisi,” ujar Pak Sucipto di akhir wejangannya.

Pak Cipto memberikan wejangan kepada siswa-siswi.

0 Komentar