Nagabonar Terharu X: Pahlawan Beribu Jasa

Apa arti sebuah guru bagi seluruh siswa di Indonesia?

Guru merupakan sosok penting dalam kehidupan seorang pelajar. Tanpa kita sadari, merekalah yang telah memberikan kita pengalaman yang sangat berharga dan tidak tergantikan untuk meraih cita-cita kita. Merekalah yang menyebabkan tokoh-tokoh hebat bisa berkuasa di dunia ini.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk membalas jasa guru yang luar biasa? Kami, dari Seksi 3 OSIS SMAN 3 Bandung mempersembahkan sebuah acara guna menghargai jasa-jasa para guru yang kami beri nama “Nagabonar Terharu”.

Nagabonar Terharu X merupakan sebuah acara untuk memperingati Hari Guru Nasional di SMAN 3 Bandung. Acara tahunan ini diselenggarakan pada hari Rabu, 18 Desember 2019 yang dilaksanakan mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore di Aula Lama SMAN 3 Bandung. Acara ini berisikan lebih dari lima kegiatan yang bertujuan untuk membantu memeriahkan Hari Guru Nasional. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain adalah Lukis Sastra Tiga, simbolis pengalungan melati kepada kepala sekolah dan wakil, sambutan-sambutan dari kepala sekolah dan ketua pelaksana, simbolis pemotongan tumpeng, penampilan KV dari guru dan juga siswa, penyampaian beberapa materi, Fashion Show, dan terakhir penyerahan plakat dan pensiunan kepada guru.

Sambutan kepala sekolah



Acara yang dikolaborasikan dengan event 'Lukis Sastra 3' sebagai wujud apresiasi siswa untuk memperingati rangkaian Hari Guru.

Acara dimulai dengan pengalungan melati kepada kepala sekolah dan wakil oleh penari dari ekskul Lingkungan Seni Sunda (LSS).

Pengalungan melati oleh LSS

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pengawas Pembina SMAN 3 Bandung Dr. Hj. Dian Peniasiani, M. Ed. Dalam sambutannya ia menyampaikan kekhawatirannya mengenai dunia pendidikan di era 4.0. Selain Pengawas Pembina, Kepala Sekolah SMAN 3 Bandung Dr. Hj. Yeni Gantini, M. Pd. juga ikut memberikan sambutan. Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolis. Dilanjut dengan menyanyikan hymne guru oleh siswa.

Setelah acara inti selesai, Nagabonar Terharu dimeriahkan oleh beberapa penampilan dari KV 3 dan beberapa games yang berhadiahkan doorprize dan menciptakan suasana menyenangkan. Salah satu hal yang menjadi tradisi dalam acara ini adalah fashion show. Siswa-siswi yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sangat kreatif dalam menirukan gaya guru-guru di SMAN 3 Bandung. Tentu saja hal ini sangat mengundang tepuk tangan meriah, tidak hanya dari peserta yang hadir tetapi para guru pun ikut tertawa melihat cara murid-murid nya menirukan gaya mereka. Salah satu kontestan yang menjadi favorit semuanya adalah Halfan. Murid perwakilan dari X MIPA 5 ini sangat menghayati dalam menirukan gaya Pak Agung, guru Bahasa Sunda kelas 10.


Fashion show oleh siswa-siswi kelas 10

Selain penampilan-penampilan menarik oleh siswa-siswi kelas 10, para guru pun membawakan sebuah lagu yang mengundang air mata haru dan menerima bunga dari para muridnya. Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata kepada beberapa guru yang akan memasuki masa purna bakti.


Penyerahan plakat

Peringatan Hari Guru Nasional di SMAN 3 Bandung tidak hanya dianggap sebagai hari besar nasional yang dirayakan tiap tahun. Dengan harapan dapat menaruh manfaat dalam kesempatan satu tahun sekali ini, maka dilaksanakanlah Nagabonar Terharu beserta segala esensi yang ada di dalamnya. Kegiatan ini dapat menjadi sebuah peringatan kepada siswa-siswa SMAN 3 Bandung atas jasa para guru dan bagaimana tuntunan serta ajarannya mampu menjadikan siswa-siswa SMAN 3 Bandung menjadi lebih berkembang, berwawasan, dan berkarakter.

Nagabonar Terharu tidak hanya menyisipi acaranya dengan kegiatan serius seperti pidato dari siswa atau kreasi puisi yang dituju, acara ini juga diisi oleh pertunjukan yang menarik perhatian agar peserta yang hadir tidak bosan dengan kegiatan dengan mata acara yang monoton. Walaupun demikian, Nagabonar Terharu tetap memiliki nilai penting yang diturunkan melalui acaranya, yaitu penghargaan kepada guru dan bagaimana seharusnya para siswa senantiasa menghormati jasa-jasa gurunya. Murid perlu mengerti bahwa atas jasa guru lah mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik dengan berbagai macam nilai moral yang tertanam bagi mereka, calon-calon penerus bangsa.

Dengan diselenggarakan acara Nagabonar Terharu X ini tentunya memberi pengalaman yang berkesan bagi warga tiga terutama untuk guru-guru yang telah memberi ilmunya kepada kita hingga saat ini. Maka dari itu, mari kita mengapresiasi jasa guru khususnya guru SMAN 3 Bandung yang telah menjadi lentera penerang kegelapan bagi kami dengan mengajarkan hal dari hati.


0 Komentar